Russ Berpaling ke Kroasia

26 Jan
Marco Russ

Tak berpeluang membela timnas Jerman, Marco Russ kini berharap bisa memperkuat timnas Kroasia. (Foto: http://www.torfabrik.de)

MEMBELA TIM NASIONAL adalah impian setiap pemain sepak bola. Namun, karena persaingan yang snagat ketat dan subjektivitas pelatih, peluang untuk mengenakan kostum timnas bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi bila pemain yang bersangkutan tidak terbilang istimewa.

Kondisi itu pula yang dialami Marco Russ pada saat ini. Bek tengah milik VfL Wolfsburg itu sangat sulit membela timnas Jerman karena tak bisa bersaing dengan para bek lain macam Mats Hummels, Holger Badstuber, Jerome Boateng, dan Per Mertesacker. Sudah begitu, dia pun kian jarang tampil untuk Die Wolfe. Sepanjang musim ini, dia baru turun sembilan kali.

Merasa kans menembus Der Panzer kian tipis, Russ yang berumur 26 tahun mengambil langkah lain. Dia kini tengah membidik timnas Kroasia. Hal itu dimungkinkan lewat proses naturalisasi. Russ bisa memperoleh paspor Kroasia karena kedua orang tua sang istri, Janina, berasal dari Dobrovnik, kota di pantai Laut Adriatik yang termasuk wilayah Kroasia.

“Memang demikian adanya. Saat ini, proses naturaliasai tengah berjalan. Aku tengah menanti sinyal dari Slaven Bilic (pelatih timnas Kroasia, Red.),” ungkap Russ kepada Bild.

Harapan Russ lumayan besar. Pasalnya, dia mendapat dukungan dari striker Mario Mandžukić. “Dia seorang pria yang baik dan bek yang bagus,” ujar dia. Sementara Bilic diketahui sangat menyukai metode latihan yang diterapkan Felix Magath, pelatih Die Wolfe. “Siapa pun yang bermain di bawah Felix Magath tentu pemain yang bagus.”

Keberadaan pemain naturalisasi sendiri bukan sesuatu yang asing di timnas Kroasia. Sebelumnya, ada Eduardo Alves da Silva alias Dudu yang berasal dari Brasil. Pada 2002 atau tiga tahun setelah bermain di Kroasia, dia mendapatkan paspor negeri itu dan resmi memperkuat timnas U-21 hingga timnas senior. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: