Bundesliga 1 Kian Diminati

7 Feb

PENONTON MELIMPAH adalah keunggulan Bundesliga 1 yang sudah diketahui banyak pihak. Musim ini pun gelombang penonton yang mendatangi stadion-stadion tempat penyelenggaraan pertandingan tetap tinggi. Bahkan, seperti diungkapkan Deutscher Fussball Liga (DFL), trennya kian meningkat.

Berdasarkan data jumlah penonton sepanjang paruh pertama, DFL mencatat rata-rata penonton per pertandingan adalah 44.345 orang. Total, ada 6,78 juta orang yang menyaksikan langsung 153 laga di stadion. Itu adalah rekor tersendiri untuk jumlah penonton pada paruh pertama musim. Jika dibandingkan musim lalu, jumlah itu meningkat sekitar tujuh persen.

Dalam pandangan Christian Seifert, Chief Executive DFL, angka tersebut merupakan indikasi tingginya daya pikat Bundesliga 1. “Itu adalah bukti dari tingginya persaingan dan keatraktifan liga yang membuat para fans tertarik,” kata dia seperti dikutip Sport-Informationen-Dienst. “Itu juga tak terlepas dari strategi pengaturan harga tiket dan penerapan standar tinggi terhadap kenyamanan dan keamanan.”

Soal harga tiket, walaupun beberapa waktu lalu ada protes dari sebagian fans yang menilai harganya mulai menanjak, rataannya memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan liga-liga lain. Dengan rataan hanya 22,43 euro, harga tiket Bundesliga hanya setengahnya dari tiket pertandingan Premier League.

Menariknya, tren kenaikan jumlah penonton juga terjadi di kasta kedua, Bundesliga 2. Jika putaran pertama musim lalu hanya disaksikan oleh rata-rata 13.474 penonton, putaran pertama musim ini naik menjadi 17.125 penonton per laga. Itu artinya terjadi kenaikan sekitar 27 persen. Sebuah tren yang membuktikan Bundesliga 2 juga tak kalah menarik untuk dinikmati. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: