Hati-hati, Shaqiri!

8 Feb
Xherdan Shaqiri

Xherdan Shaqiri saat tiba di Säbenerstraße, Selasa (7/2), untuk menjalani tes medis. Dia diperingatkan para legenda Swiss untuk hati-hati. (Foto: http://www.blick.ch)

KEPASTIAN BERGABUNG belumlah 100 persen. Namun, seiring tes medis yang dilakukan pada Selasa (7/2) di markas FC Bayern München, Xherdan Shaqiri mendapatkan banyak dukungan dan saran dari para legenda Swiss yang pernah berkiprah di Bundesliga 1. Selain itu, ada pula beberapa saran yang sepertinya perlu diperhatikan betul oleh pemain FC Basel itu bila nanti resmi menjadi penggawa FC Hollywood.

“Perpindahan itu sangat positif untuk sepak bola Swiss,” kata Ciriaco Sforza yang pernah membela Bayern dan 1.FC Kaiserslautern kepada Blick. “Sebagai eks pemain Bayern, saya sarankan agar dia benar-benar mengingat bahwa dia bergabung dengan klub besar.”

Dukungan serupa juga datang dari Alain Sutter yang sempat bermain untuk 1.FC Nürnberg, Bayern, dan SC Freiburg. Juga dari legenda Borussia Dortmund, Stephane Chapuisat. “Bagus dan sensasional! Itu adalah salah satu dari sedikit tempat terbaik bagi pesepak bola,” kata Sutter. Sementara Chapuisat menjelaskan, “Dia tentu telah memikirkan hal itu masak-masak. Itu adalah langkah besar. Tapi, Shaqiri punya kualitas. Meski begitu, tentu saja tak akan mudah bagi dia. Hal terpenting, dia harus mendapatkan banyak kesempatan bermain terlebih dahulu.”

Peringatan lebih keras datang dari Lars Lunde. Eks pemain Bayern asal Denmark itu menunjuk dua hal yang harus diperhatikan Shaqiri. “Di Bayern, dia akan berada di tempat yang menjunjung tinggi profesionalisme. Di sana, performa adalah hal utama. Jika menjadi dia, saya akan lebih dulu pindah ke Hamburg sebelum ke Bayern. Pasalnya, seseorang yang pindah langsung dari Swiss ke Bayern tentu akan sanagt kesulitan,” papar dia.

Satu hal lagi yang coba diingatkan Lunde adalah tekanan nonteknis yang akan dihadapi. “Tak diragukan lagi, Shaq punya kemampuan bermain yang baik. Namun, dia harus berhati-hati karena media massa akan selalu melihat nyamuk sebagai seekor gajah,” tambah pemain yang sempat mendapat cedera parah dan ditampung di rumah Uli Hoeneß itu.

Pelbagai dukungan dan saran itu tentu patut didengarkan oleh Shaqiri. Setidaknya, dia masih punya waktu lima bulan untuk mempersiapkan diri lahir-batin sebelum menanggalkan baju Basel dan memakai kostum FC Hollywood. Pasalnya, meski kesepakatan kontrak tercapai pada saat ini, dia baru akan bergabung pada musim depan. Kabar yang beredar, dia akan diikat hingga 2016 dengan biaya transfer 9-13 juta euro. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: