Klopp Dikritik Legenda

9 Feb
Jakub Blaszczykowski

Keluhan soal kualitas lapangan di Holstein-Stadion yang buruk inilah yang membuat Jürgen Klopp lantas dikritik Karl-Heinz Körbel. (Foto: http://www.ruhrnachrichten.de)

KELUHAN SOAL LAPANGAN di Holstein-Stadion yang dilontarkan pelatih Borussia Dortmund, Jürgen Klopp, seusai menaklukkan Holstein Kiel di perempat final DFB Pokal, Selasa (7/2), ternyata berbalik menuai kecaman. Salah satunya dari legenda Bundesliga 1, Karl-Heinz “Charly” Körbel.

Pria yang memegang rekor 602 penampilan di Bundelsiga 1 itu tanpa tedeng aling-aling mengkritik Klopp. “Saya mengerti betul keluhan Klopp karena memang sulit bermain di lapangan seperti itu (bersalju, -Red.). Tapi, patut diingat, sepak bola tetaplah olahraga luar ruangan. Oleh karena itu, kita harus bisa terbiasa bermain saat musim dingin,” ungkap dia dalam wawancara dengan Frankfurter Allgemeine Zeitung.

Lebih jauh, Körbel juga menilai keluhan Klopp terlalu berlebihan karena para pemain sebetulnya sudah terbiasa bermain di lapangan seperti itu. “Para pemain yang sekarang menjadi pemain profesional itu semasa junior dan amatir juga bermain di lapangan seperti itu,” tambah dia. “Lagi pula, dia (Klopp) bisa melihat bahwa para pemainnya yang memiliki kemampuan lebih baik tetap mampu bermain lebih baik dari Kiel.”

Lalu, bagaimanakah sebenarnya keluhan yang dilontarkan Klopp? Ringkasnya adalah sebagai berikut, “Dalam kondisi normal, lapangan (bersalju) seperti ini tidak laik digunakan untuk bertanding. Tapi, wasit tak bisa menolak untuk menggelar laga karena pertandingan disiarkan langsung oleh televisi,” kecam dia. “DFB harusnya mewajibkan penghangat kala musim dingin. Jika tidak ada, pertandingan dilakukan di tempat lain.”

Sebelum kritik dari Körbel, bantahan juga dilancarkan pihak stasiun televisi ARD. “Kami tak punya pengaruh dan tak memengaruhi siapa pun. Wasit tidak berurusan dengan kami,” kata Koordinator Olahraga ARD Axel Balkausky seraya menambahkan pihaknya sudah menyiapkan film untuk mengisi slot siaran Kiel vs Dortmund seandainya wasit melakukan pembatalan. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: