Mighty Mini-Kahn

25 Feb
Marc-Andre ter Stegen

Statistik 29 laga awal di Bundesliga 1 menunjukkan Marc-André ter Stegen lebih baik dari Manuel Neuer dan Oliver Kahn. (Foto: http://www.kicker.de)

MINI-KAHN atau Mini-Titan, demikianlah publik sepak bola Jerman menjuluki Marc-André ter Stegen. Karakter permainan, tampang, dan perawakan penjaga gawang muda milik Borussia Mönchengladbach itu memang mengingatkan kepada sosok Oliver Kahn, kiper berjuluk Der Titan yang sangat menjulang bersama FC Bayern München dan timnas Jerman pada 1990-an hingga 2000-an.

Namun, sesungguhnya Ter Stegen lebih dari Kahn. Catatan statistik membuktikan hal itu. Hingga spieltag ke-23 Bundesliga 1 musim 2011-12, Ter Stegen mencetak prestasi apik. Dalam 29 laga Bundesliga 1, dia tak pernah kebobolan tiga gol atau lebih. Hebatnya, dia hanya sekali kebobolan dua gol. Sisanya, 13 gol dilewati dengan clean sheet, sedangkan 15 diwarnai dengan kebobolan satu gol. Dia pun selalu bermain penuh tanpa pernah diganjar kartu kuning.

Catatan itu jauh lebih baik dari Kahn yang mencetak delapan clean sheet serta pernah tiga kali kebobolan tiga gol dan sekali kebobolan empat gol dalam 29 laga pertamanya di Bundesliga 1. Menilik hal itu, sudah pada tempatnya bila Ter Stegen disebut The Mighty Mini-Kahn. Kemampuan Ter Stegen pun sudah diakui banyak pihak “Sejak awal melihat dia saat berlatih, aku yakin dia hanya menunggu waktu untuk jadi kiper utama,” ucap bek tengah Gladbach, Dante Bonfim, seperti dikutip ARD.

Belakangan, Sepp Maier tanpa ragu menyebut Ter Stegen termasuk jajaran kiper terbaik di Jerman. “Saya melihat Marc sudah sejajar dengan Manuel Neuer,” kata dia kepada Bild. “Ter Stegen saat ini adalah kiper hebat.”

Ucapan Maier terkesan berlebihan. Namun, jika diperbandingkan, persamaan di antara keduanya sangat jelas. Dalam 29 laga pertama di Bundesliga 1, jumlah clean sheet keduanya sama-sama 13. Mereka pun sama-sama tak kebobolan tiga gol atau lebih. Bedanya, Neuer sempat delapan kali kebobolan dua gol. Lalu, hasil yang diraih pun nyaris sama. Ter Stegen merebut 18 kemenangan, 6 imbang, dan 5 tumbang. Sementara Neuer mencetak 19 kali menang, 5 kali imbang, dan 5 kali tumbang.

Dari penilaian media massa, Ter Stegen juga berada di posisi yang sangat baik. Dalam penilaian Bild, nilai rata-rata Ter Stegen saat ini, 2,57, hanya kalah dari Roman Weidenfeller (2,33). Namun, Ter Stegen sempat empat kali masuk Elf des Tages, sementara Weidenfeller baru tiga kali.

Di mata publik sepak bola pun, Ter Stegen dianggap pantas mendapat tempat di skuad Jerman untuk Euro 2012 nanti. Dalam poling online Spox.com, untuk posisi penjaga gawang, dia menjadi favorit kedua dengan 20,4 persen dari 66.717 suara hingga Sabtu (25/2). Dia unggul atas Tim Wiese yang memperoleh 18,7 persen suara dan hanya kalah dari Manuel Neuer yang memperoleh 32,9 persen suara.

Sayangnya, rekor dan pujian yang ada tak lantas membuat pelatih timnas Jerman, Joachim Löw, buru-buru memberikan kesempatan berseragam Der Panzer kepada Ter Stegen. Padahal, pada 1987, Franz Beckenbauer mau memberikan debut kepada Bodo Illgner yang kala itu baru bermain 27 kali di Bundesliga 1 dengan rekor yang jauh dari milik Ter Stegen.

Sikap Löw memang dapat dimengerti. Dia tak ingin memicu gejolak ketika Piala Eropa tinggal tiga bulan lagi. Lagi pula, Löw cenderung menghormati para pemain yang telah menunjukkan kontribusi selama babak kualifikasi. Namun, jika melihat rekor Tim Wiese sebagai kiper kedua saat ini, sebetulnya dia tak bisa begitu saja mengabaikan Ter Stegen. Hingga saat ini, kiper SV Werder Bremen itu tak pernah memberikan kemenangan. Dalam lima laga, hasil yang diperoleh Jerman bersama Wiese adalah tiga kali imbang dan dua kali kalah dengan selalu kebobolan dua gol.

Terlepas dari itu, menilik catatan impresif sejauh ini, Ter Stegen tetaplah kiper berkelas dan mungkin tinggal menunggu waktu untuk menjadi yang terbaik di Jerman. (Sepp Ginz)

Perbandingan Hasil 29 Laga Pertama
Kiper Full Time Clean Sheet Kebobolan Hasil
1 2 3 4 5 Mg S K
Marc-André ter Stegen 29 13 15 1 0 0 0 18 6 5
Oliver Kahn 27 8 7 10 3 1 0 8 12 9
Manuel Neuer 29 13 8 8 0 0 0 19 5 5
Bodo Illgner 28 8 15 3 0 1 2 14 9 6
Sepp Maier 29 4 12 7 5 1 0 14 7 8
– Maier di Oberliga dan Regionalliga
– Data hingga 25 Februari 2012
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: