Dante Samai Matthäus?

22 Mar
Dante Bonfim versus Manuel Neuer

Kegagalan penalti Dante Bonfim mengingatkan publik sepak bola kepada Lothar Matthäus pada musim 1983-84. (Foto: http://www.tz-online.de)

FIGUR TRAGIS selalu ada dalam setiap drama. Tak terkecuali di sepak bola. Pada laga Borussia Mönchengladbach versus FC Bayern München yang harus diakhiri lewat adu penalti, Rabu (21/3), sosok tragis itu bisa jadi bernama Havard Nordtveit yang eksekusinya mampu diblok kiper Manuel Neuer dan menjadi penentu kelolosan bayern ke final DFB Pokal.

Akan tetapi, di mata banyak media massa Jerman, ada sosok lain yang lebih lebih pantas menjadi figur tragis. Dia adalah bek tengah Dante. Tampil lugas mengawal pertahanan Die Fohlen sepanjang 120 menit, dia justru mengirim bola ke atas mistar gawang Neuer saat menjadi eksekutor ketiga. Hal yang menarik, Dante dalam beberapa pekan belakangan terus dihubung-hubungkan dengan Bayern.

Ingatan para penggila sepak bola pun langsung tertuju kepada Lothar Matthäus. Pada final DFB Pokal 1983-84, dia menjadi eksekutor pertama Gladbach. Sebagai pemain yang terbiasa melakukan eksekusi penalti, tak abnyak orang yang menyangka dia bakal gagal menaklukkan Jean-Marie Pfaff. Tapi, seperti halnya Dante, sepakannya malah melambung.

Hal yang membuat Dante dikaitkan dengan Matthäus adalah fakta bahwa sebelum laga final itu, dia sudah dipastikan hijrah ke Bayern. gara-gara itulah, para fans menyebut dia sebagai Judas. Kecaman kian menjadi setelah kegagalan eksekusi penalti pada final DFB Pokal tersebut. Dia menjadi kambing hitam yang tak termaafkan.

Pertanyaannya kemudian, akankah Dante benar-benar mengikuti Matthäus dengan merapat ke Bayern pada musim depan? Banyak media massa Jerman meyakini hal itu. Namun, para petinggi Die Fohlen juga yakin bek asal Brasil itu akan tetap di Borussia Park pada musim depan. So, kita tunggu saja perkembangannya. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: