Leverkusen Ditinggal Scout

22 Mar
Norbert Ziegler

Merasa sudah terlampau lelah dan jenuh, Norbert Ziegler akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai pemandu bakat Bayer Leverkusen. (Foto: http://www.rp-online.de)

TERGOPOH-GOPOH dalam bersaing memperbutkan posisi di empat besar yang berbuah tiket ke Liga Champions, Bayer Leverkusen mendapatkan pukulan telak. Hanya satu hari setelah Lars Bender memastikan perpanjangan kontrak hingga 2017, Werkself justru kehilangan figur yang teramat penting. Dia adalah Norbert Ziegler, sang kepala pemandu bakat.

Ziegler yang telah mengabdi selama 23 tahun memutuskan pensiun dini karena merasa terkena sindrom burn out. “Saya mengalami burn out pada November tahun lalu. Saya menyadari hal itu ketika merasa tak lagi memiliki gairah. Kini, kondisi saya sudah lebih baik, tapi saya sudah mantap dengan putusan ini,” kata dia kepada Bild.

Dalam sejarah Leverkusen dan sepak bola Jerman, sosok Ziegler sangatlah penting. Dialah salah satu pionir pemanduan bakat yang baik. Bersama dengan rainer Calmund, Ziegler secara khusus membentuk Brazilian Connection di Leverkusen. Dialah yang memboyong banyak pemain Brasil ke BayArena (dulu Ulrich-Haberland-Stadion, -Red.). Jorginho, Emerson, Zé Roberto, Paulo Sergio, dan Lucio adalah beberapa di antaranya.

“Motto saya selalu, ‘Kami tidak hanya membutuhkan pemain-pemain bagus, tetapi juga sosok kapten.’ Jorginho, Emerson, dan Lucio adalah sosok-sosok kapten itu,” lanjut Ziegler yang telah menonton tak kurang dari 10.000 pertandingan dan melakukan 2.000 perjalanan selama 23 tahun menjadi pemandu bakat Leverkusen.

Meski terpaksa meninggalkan pekerjaan yang telah digeluti sekian lama, Ziegler yang kini berumur 57 tahun tak menyesal. “Kini adalah saatnya bagi saya mengenang masa-masa indah yang sudah dilalui. Saya sangat bersyukur bisa bekerja untuk tim sebesar Leverkusen,” pungkas dia.

Masa pengabdian Ziegler di Leverkusen sendiri sebenarnya lebih dari 23 tahun. Sebelum menjadi kepala pemadu bakat pada 1989, dia adalah penggawa Werkself pada kurun 1975 hingga 1980. Selama memperkuat Leverkusen, dia tampil dala 142 laga dan mencetak 17 gol. So, bagi para penggemar Werkself, ucapkanlah “Danke, Norbert!(Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: