Adler Terbaik, Neuer Terpuruk

1 Jan
Tampil apik bersama Hamburger SV, René Adler terpilih sebagai kiper terbaik paruh musim. (Foto: www.fifa.com)

Tampil apik bersama Hamburger SV, René Adler terpilih sebagai kiper terbaik paruh musim. (Foto: http://www.fifa.com)

HAMBURGER SV pada putaran pertama Bundesliga 1 2012-13 tidak tampil apik. Tim asuhan Thorsten Fink itu terseok-seok dalam 17 laga yang dilakoni. Namun, hal itu tak memudarkan kegemilangan penjaga gawang René Adler. Pemain yang baru direkrut dari Bayer 04 Leverkusen itu tetap memesona banyak pihak dengan performa apiknya.

Salah satu pengakuan terhadap penampilan gemilang Adler adalah keberhasilannya terpilih sebagai kiper terbaik putaran pertama. Dalam poling yang dilakukan Kicker terhadap 224 pemain, Adler unggul mutlak atas kiper-kiper lainnya. Dia mendulang 44,4 persen suara. Di belakangnya adalah Kevin Trapp dari Eintracht Frankfurt yang memperoleh 18,8 persen suara dan Roman Weidenfeller (Borussia Doortmund) dengan 13,5 persen suara.

Berkebalikan dengan Adler adalah Manuel Neuer. Meskipun FC Bayern München membukukan rekor kebobolan sangat kecil, yakni hanya 7 gol dalam 17 laga yang dilakoni pada putaran pertama, dia justru terpuruk dalam pemilihan kiper terbaik. Eks penjaga gawang FC Schalke 04 itu hanya mendapatkan 6,7 persen suara.

Perbedaan nasib itu bukan tanpa dasar. Adler kerapkali membuat penyelamatan gemilang yang sekaligus menyelamatkan Hamburg dari kekalahan dan kebobolan banyak gol. Sedangkan jumlah penyelamatan yang dilakukan Neuer jauh lebih sedikit karena serangan lawan sering patah di lini tengah atau lini belakang Bayern.

Turun dalam 17 laga sepanjang putaran pertama, menurut Foxsports, Adler membuat 69 penyelamatan dari 90 tendangan yang mengarah ke gawangnya. Dia pun mampu menjaga gawangnya tak kebobolan dalam 6 pertandingan. Dalam hal penyelamatan, Adler hanya kalah dari penjaga gawang VfB Stuttgart, Sven Ulreich, yang membuat 71 penyelamatan.

Sementara itu, dalam jumlah penampilan yang sama, Neuer hanya membuat 38 penyelamatan dari total 45 tembakan yang mengarah ke gawangnya. Minimnya jumlah tembakan yang dihadapi membuat Neuer jarang melakukan penyelamatan gemilang. Faktor inilah yang kemungkinan membuat dia tercecer jauh dalam pemilihan kiper terbaik putaran pertama.

Secara khusus, bagi Adler, predikat kiper terbaik putaran pertama adalah modal untuk bersaing memperebutkan posisi kiper kedua di timnas Jerman. Maklum, sejak dibekap cedera parah pada 2010, dia sempat disalip kiper-kiper lain macam Tim Wiese, Ron-Robert Zieler, dan Marc-André ter Stegen. Dia baru kembali dipanggil ke timnas Jerman saat laga persahabatan versus Belanda, November silam. Namun, dia tidak diturunkan dalam laga tersebut. (@SeppGinz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: