Misi Penting di Abu Dhabi

1 Jan
Para pemain Hamburger SV mengemban misi khusus dalam pemusatan latihan di Abu Dhabi. (Foto: www.rp-online.de)

Para pemain Hamburger SV mengemban misi khusus dalam pemusatan latihan di Abu Dhabi. (Foto: http://www.rp-online.de)

LEBIH BAIK lebih awal daripada terlambat. Itulah prinsip yang dipegang Thorsten Fink, pelatih Hamburger SV. Atas dasar prinsip itu pula Hamburg melakukan persiapan paling awal dalam menyambut putaran kedua yang akan dimulai pada 18 Januari nanti. Jika tim-tim lain baru memulai latihan pada awal Januari, Die Rothosen sudah memulainya pada 30 Desember lalu. Bahkan, sejak 2 Januari, mereka melakukan pemusatan latihan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sudah barang tentu itu dilakukan bukan tanpa alasan yang jelas. Setidaknya ada dua hal yang mendasari hal itu. Pertama, Fink ingin memelihara ritme permainan anak-anak asuhnya. “Dalam kurang dari tiga pekan, kami harus pergi ke Nürnberg. Kami tak ingin kehilangan ritme dan harus berbuat lebih baik dari musim panas lalu,” ungkap Fink kepada Hamburger Morgenpost.

Secara spesifik, Fink tak ingin Hamburg mengawali putaran kedua seperti putaran pertama. Kala itu, mereka gagal menuai angka dalam tiga laga awal. Pada kesempatan lain, kepada Bild, eks pelatih FC Basel itu berujar, “Dalam enam atau tujuh laga awal, kami ingin meraih nilai yang cukup banyak.”

Adapun hal kedua yang mendasari Hamburg melakukan persiapan lebih dini adalah impian menembus zona Eropa. Meski saat ini terpaku di posisi ke-10, Heiko Westermann dkk memang memiliki kans menembus ke 6-besar. Maklum, mereka hanya terpaut tipis dari tim yang berada di posisi ke-5 dan ke-6.

“Target kami haruslah (tiket) Eropa. Jika kami menunjukkan konsistensi dalam permainan, itu bukan kemustahilan. Kami punya skuad yang cukup berkualitas,” jelas Van der Vaart. “Terpaut dua poin di belakang peringkat ke-5, lolos ke Eropa bukan utopia!”

Menembus zona Eropa sendiri memang sudah menjadi keinginan Chairman Carl Edgar Jarchow. Pada musim lalu, dia menegaskan bahwa musim kedua atau 2012-13, Hamburg diharapkan bisa menembus papan atas dan meraih tiket ke ajang antarklub Eropa.

Guna mencapai target tersebut, Fink sudah tahu hal yang harus ditekankan saat pemusatan latihan di Abu Dhabi. Kepada Hamburger Morgenpost, eks gelandang Karlsruher SC dan FC Bayern München itu menegaskan, hal yang akan diutamakan adalah membenahi fokus para pemain saat berlaga di lapangan. “Pada putaran pertama, itulah yang tidak berjalan dengan baik,” kata dia.

Sementara itu, menyangkut putusannya memulai latihan sebelum tahun baru, Fink mengatakan hal itu sudah menjadi kebiasaannya. “Sejak menjadi pemain hingga pelatih, saya selalu mulai berlatih sebelum tahun baru!” tegas dia.

Kebiasaan itu mungkin berbeda dengan tradisi klub dan para pemain. Namun, mereka tak bisa memprotes. Maklum, berkat kebiasaannya itu, Fink mampu meraup sukses bersama Bayern sebagai pemain dan beberapa kali mengantar FC Basel juara di Swiss. (@SeppGinz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: