Bundesliga Terus Meroket

24 Jan
Pendapatan total klub-klub Bundesliga 1 musim 2011-12 berhasil melewati 2 miliar euro. (Foto: www.torwart.de)

Pendapatan total klub-klub Bundesliga 1 musim 2011-12 berhasil melewati 2 miliar euro. (Foto: http://www.torwart.de)

BERLARI, BERLARI, BERLARI. Sepertinya itulah pengandaian paling mudah bagi kiprah Bundesliga 1 dalam beberapa tahun terakhir, baik dalam prestasi maupun ekonomi. Untuk urusan uang, seperti diumumkan Deutscher Fussball Liga (DFL), Bundesliga 1 pada musim lalu mengalami lonjakan pesat. Total pendapatan 18 klub musim 2011-12 mencapai 2,08 miliar euro. Itu mengalami kenaikan 7,2 persen dari pendapatan musim sebelumnya yang hanya 1,96 miliar euro.

Kenaikan pendapatan total itu pun berkorelasi positif dengan keuntungan total yang diraup. Sesuai penuturan Chairman DFL Christian Seifert, total keuntungan 18 klub pada musim lalu mencapai 55 juta euro. Itu meningkat 2,5 juta euro dari musim sebelumnya yang hanya 52,5 juta euro.

Bagi Bundesliga 1, itu prestasi apik. Khusus untuk soal pendapatan total, mereka terus mengalami kenaikan dalam delapan musim terakhir. Itu menjadi sinyal positif dalam bersaing dengan liga-liga elite lain di Eropa, terutama Premier League yang hingga saat ini masih menjadi liga dengan pendapatan dan keuntungan terbesar.

Menurut Seifert, pihaknya tak lantas berpuas diri bisa menembus angka dua miliar euro untuk kali pertama sepanjang sejarah. “Bundesliga telah menunjukkan pertumbuhan di hampir semua klub. Ini adalah landasan untuk melakukan investasi selanjutnya guna mempertahankan posisi,” terang dia. “Klub-klub telah membuktikan bahwa mereka mampu bersatu di level atas Eropa dan bidang ekonomi. Ini jarang ditemui di Eropa. Kami dan klub-klub bisa berbangga diri akan hal tersebut.”

Sementara itu, kesejahteraan pemain juga bisa tetap dipertahankan. Seperti halnya musim sebelumnya, rataan gaji pemain Bundesliga 1 pada musim lalu mencapai 1,6 juta euro per tahun. Menurut Seifert, pendapatan sebesar itu bisa membuat pemain pensiun dengan sejahtera setelah lima tahun berkiprah. Tentu dengan catatan dia mampu mengelola keuangannya secara baik. (@SeppGinz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: