Tak Termakan Impian

30 Jan

IMPIAN BESAR seringkali merupakan awal dari prestasi besar. Tak heran bila ada yang menyebut mimpi adalah sumber kekuatan untuk menaklukkan dunia. Namun, bagi para penggawa Borussia Mönchengladbach, itu tidak berlaku. Bagi mereka, mimpi justru sesuatu yang diharamkan. Menurut penuturan kiper Marc-André ter Stegen, kunci keberhasilan Die Fohlen musim ini adalah menjauh dari buaian mimpi.

“Aku memahami euforia para fans. Tapi, kami para pemain tak terbuai mimpi. Kami tahu persis bahwa kami harus berjuang keras dalam setiap kesempatan. Inilah alasan kami bisa berada di posisi saat ini,” terang Ter Stegen kepada Kölner Express saat ditanya soal optimisme dan ambisi menembus pelataran Eropa musim depan.

Kerja keras itu, menurut Ter Stegen, bukan melulu keharusan bagi para pemain. Segenap komponen yang berhubungan dengan Die Fohlen juga demikian. Tak terkecuali para fans. “Kami harus berjuang bersama-sama,” tegas kiper berumur 19 tahun itu.

Prinsip itu juga berlaku dalam menyikapi prospek karier individunya ke depan. Ter Stegen dengan mantap tak mau berandai-andai. Termasuk soal kemungkinan menembus timnas Jerman ke Piala Eropa 2012. Padahal, pelatih Joachim Löw sudah mengungkapkan kekaguman dan pujian kepada dia. “Putusan soal itu ada di tangan orang lain. Tugasku hanya menunjukkan kemampuan terbaikku setiap pekan dan menyadari potensi yang ada dalam diriku,” beber dia.

Ter Stegen juga tak terlalu memedulikan pujian yang mengalir. Tak terkecuali penilaian Sepp Maier dan Jörg Stiel yang menyatakan dia sudah setara dengan Manuel Neuer, kiper utama Der Panzer yang membela panji FC Bayern München. Dia hanya merasa tersanjung, namun tetap menilai Neuer sebagai sosok yang lebih baik.

Meski begitu, kiper yang diorbitkan Lucien Favre pada pertengahan musim lalu itu mengakui performa tidaklah terkait dengan umur. Pemain berumur 19 tahun tidak berarti lebih buruk dari yang berumur 29 tahun. Asalkan berlatih keras dan memiliki tekad baja, seseorang bisa menunjukkan performa apik. (Sepp Ginz)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: